BREAKING

Tuesday, June 9, 2015

Manfaatkan Waktu Kita

Banyak orang yang mengeluh karena kekurangan waktu. Ada juga yang merasa waktu seperti lambat sekali berputar. Padahal di dunia ini, dimanapun tempatnya. Waktu yang kita miliki sama 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan 365 hari setahun. Tidak ada yang diberi lebih ataupun kurang. Hanya kita saja yang tidak bisa mengatur waktu dengan baik.
Nah disini saya mau mencoba berbagi gimana sih caranya buat ngatur waktu dengan baik. Agar waktu yang kita punya itu bisa efektif dan lebih bermanfaat. Agar kita tidak ngeluh lagi kekurangan waktu atau kelebihan waktu. Tapi ini versi saya ya. Saya yakin semua orang punya banyak cara untuk mengatur waktunya sendiri.
Mulai dengan memperhitungkan waktu perjalanan
Agar waktu kita efektif dan tidak dibilang suka ngaret, raja lambat atau ratu telat. Ada baiknya perhitungkan waktu perjalanan yang anda rencanakan. Misalkan, normalnya perjalanan hanya 30 menit tapi kenyataanya bisa sampai 1 jam atau bahkan 2 jam. Itu karena banyak hal yang bisa terjadi sepanjang perjalanan. Bisa karena macet, itu sih ,lalulintas yang makin padat, bisa juga ban kendaraan bocor,atau kalau naik kendaraan umum sering berhenti,dan banyak lagi kendala yang menghambat perjalanan. Jadi ada baiknya kalau mau pergi kemana-mana berikan kelonggaran waktu perjalan sedikitnya 30 menit dari waktu perjalanan normal.
Jangan suka menunda
Kebiasaan nikmat tapi beracun yang sering kita lakukan adalah “menunda”. Paling nikmat kalau kita ucapkan kata “entar dulu deh”. Wuiih...itu adalah kalimat yang paling mak nyos. Kayanya seger deh kalo abis bilang begitu seperti minum es kelapa muda di tengah hari. Padahal nih kebiasaan menunda pekerjaan itu bikin kita jadi malas dan pelupa. Pekerjaan yang ditunda makin lama makin menumpuk. Karena ditumpuk terus menerus akhirnya kelihatan banyak. Kalau sudah banyak bukanya semangat ngerjainya tapi malah jadi malas. Gak tahu harus mulai dari mana. Akhirnya tidak satupun kerjaan yang selesai. Apalagi kalo anda tidak punya catatan pekerjaan. Yang ada lupa deh sama tugas-tugas yang harus diselesaikan. Menunda itu bikin kita jadi pemalas dan pelupa. Duuuh sayang banget kalo masih muda udah punya penyakit begitu. Jadi yuk kita buang sifat suka menunda. Yang paling baik adalah menunda rasa malas.
Tegas pada diri sendiri
Agar kita bisa disiplin terhadap waktu. Kita harus belajar tegas pada diri sendiri. Jangan beri toleransi pada diri kita untuk membuang-buang waktu, sekali dikasih kelonggaran pasti akan ketagihan. Berani untuk membuang rasa malas. Kalau lagi bosan cobalah relaks sebentar. Tenangkan pikiran sejenak. Kalau sudah siap lanjutkan lagi pekerjaan sehingga waktu kita lebih efektif. Buat komitmen pada diri sendiri dan patuhi komitmen itu.
Jauhkan dari hal-hal yang mengganggu
Kalau anda sedang bekerja serius, coba deh jauhkan itu yang namanya Handphone. Kecilkan deringnya atau silent saja. Jadi konsentrasi anda tidak terganggung. Karena saat konsentrasi terganggu anda akan butuh waktu lebih banyak untuk kembali fokus ke pekerjaan anda. Matikan koneksi internet kalau tidak diperlukan. Itu bisa bikin anda tergoda untuk membuka hal-hal yang tidak berhubungan sama pekerjaan anda. Seperti membuka sosial media facebook atau twitter dan lain-lain. Buyar deh konsentrasi anda dan pekerjaan anda jadi terbengkalai. Coba deh selesaikan dulu pekerjaan anda baru kemudian kerjakan hal lain yang anda sukai.
Buat daftar kerjaan
Istilah kerennya make to do list. Buatlah daftar pekerjaan prioritas yang akan anda selesaikan hari ini. Dengan begitu anda dapat menghemat waktu karena sudah jelas step-step pekerjaan yang akan diselesaikan. Anda dapat memilah-milah pekerjaan mana yang harus diselesaikan dahulu. Prioritaskan pekerjaan yang urgent dan perlu penyelesaian cepat. Tentukan mana pekerjaan yang urgent, mana pekerjaan yang penting dan mana yang biasa-biasa saja. tetapkan waktu penyelesaianya sehingga anda tidak merasa dikejar deadline.
Siapkan waktu untuk refreshing
Setiap orang pasti butuh waktu untuk relaks dan bersantai. Nah anda bisa sediakan waktu khusus untuk refreshing. Gak ada salahnya mengajak keluarga atau teman untuk berlibur. Ambilah waktu cuti anda untuk sekedar memanjakan diri. Lupakan sejenak segala aktivitas dan rutinitas harian. Segarkan diri dengan suasana yang menyenangkan. Itu penting untuk me-refresh pikiran yang mungkin sudah mulai jenuh dengan rutinitas.
Hargai waktu
Waktu akan menjadi sahabat sejati saat anda menghargainya. Tempatkan semua bagian hidup anda sesuai waktunya. Percayalah tidak ada hal yang sia-sia yang anda lakukan. Waktu mengajarkan banyak hal yang mungkin tidak pernah anda dapatkan sebelumnya. Nikmati perjalanan hidup anda dari waktu ke waktu. Suatu saat pada waktu anda tidak mampu lagi mengerjakan banyak hal. Anda akan menyadari betapa indahnya hidup anda saat anda menghargai dan memanfaatkan waktu anda dengan sebaik-baiknya.
Itu sebagian cara mengelola waktu yang bisa saya bagi. Tapi pasti anda punya banyak cara untuk mengelola dan menghargai waktu anda. Jangan batasi pikiran anda untuk berbuat lebih maju. Waktu anda adalah milik anda. Tidak seorangpun bisa mengambil waktu milik anda. Manfaatkan, hargai dan pergunakan waktu anda sebaik mungkin.
Time is money, use your time wisely

About ""

Melangkahlah Penuh Semangat dan Rendah Hati. Karena Sesungguhnya Hidup Untuk Memecahkan Masalah.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 CAK YITNO
Design by FBTemplates | BTT