BREAKING

Wednesday, June 24, 2015

Penyebab Terhalangnya Rezeki

Sebagai hamba Allah SWT, kita telah diciptakan secara sempurna dengan segala kelengkapannya, termasuk bagian rezeki kita.Tak satupun dari makhluk-NYA yang Dia terlantarkan. Cicak yang tidak bisa terbang saja ditakdirkan rezeki yang berupa makanan yang hidupnya terbang, yaitu nyamuk. Apakah cicak kesulitan mendapatkan nyamuk yang suka terbang kesana kemari? Tentu tidak bukan? Allah telah menciptakan kelengkapan bagi cicak menangkap nyamuk, meski cicak tak bisa terbang. Apalagi kita manusia, makhluk yang paling sempurna diciptakan oleh-NYA.

Pada prinsipnya, rezeki kita telah Allah jamin pemenuhannya. Tapi, jaminan ini juga membutuhkan partisipasi aktif dan kerjasama kita agar rezeki tersebut bisa sampai ke tangan kita. Dengan begitu, kita harus aktif berusaha dan tentu berdoa dalam menjemput rezeki. Allah Maha Luas Pemberian Rezeki-NYA. Jadi, jangan takut tidak kebagian.
ilustrasi mencari rezeki 
Tapi adakalanya sebuah rezeki terasa sulit, seret, meski kita telah bersusah payah menjemputnya. Hal itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang menjadi terhalangnya rezeki, apa sajakah itu?
Faktor-faktor yang dapat menjadi penghalang rezeki :
  1. Proses pencarian rezeki yang tidak bersih

    Hendaknya dalam mencari rezeki, pastikan semuanya ditempuh dengan cara yang bersih, halal. Proses pencarian rezeki yang halal, akan menghasilkan rezeki yang halal dan berkah.
  2. Hilangnya ketawakalan dalam diri

    Tawakal artinya berserah diri pada Allah SWT. Dalam proses pencarian rezeki, kita hendaknya selalu percaya pada Allah SWT. Sehingga ketika kita mendapati kejadian yang tidak diharapkan dalam proses penjemputan rezeki, kita mengembalikan semua perkara itu Allah SWT untuk mencari hikmahnya, selalu berbaik sangka kepada Allah dan tetap berusaha menjemput rezeki yang baik. Sebagaimana QS. At-Thalaaq 3 yang artinya : Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. 
  3. Perbuatan dosa dan maksiat

    Sebagaimana sabda Rasulullah SAW : “Sesungguhnya seseorang terjauh dari rezeki disebabkan oleh perbuatan dosanya.” (HR. Ahmad). Maka segeralah bertobat dan menjauhi maksiat, agar rezeki kita semakin lancar.
  4. Terlalu sibuk dengan duniawi

    Mencari dunia tidak dilarang. Malahan bagus bila kita mencari dunia, untuk keperluan akherat, misal menampung anak-anak yatim. Namun jangan sampai kesibukan duniawi kita, membuat lalai pada Allah SWT.
  5. Malas bersedekah

    Sedekah adalah salah satu cara memperlancar rezeki. Sedekah sekecil apapun akan dibalas, meski itu sebesar biji sawi. Satu sedekah akan dibalas Allah sebanyak 7 kali, bahkan sampai 700 kali. Firman Allah SWT pada QS. Al-Baqarah 261 : Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. Maka dari itu, ayolah semangat bersedekah, dimulai dengan tetangga sekitar kita yang membutuhkan.

About ""

Melangkahlah Penuh Semangat dan Rendah Hati. Karena Sesungguhnya Hidup Untuk Memecahkan Masalah.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 CAK YITNO
Design by FBTemplates | BTT