BREAKING

Friday, June 28, 2013

Jelang Ramadhan, Peziarah Sunan Bonang Melonjak Tajam


ziarah-sub Tuban- Peziarah makam Sunan Bonang di Tuban Jawa Timur dalam beberapa hari terakhir mengalami lonjakan cukup signifikan. Lonjakan ditengarai karena menjelang datangnya bulan puasa Ramadhan yang tinggal kurang dari satu bulan lagi dan bersamaan dengan liburan sekolah serta pondok pesantren.
Menurut keterangan,membeludaknya jumlah penziarah makam Sunan Bonang yang berada di Kelurahan Koturejo, Kecamatan Kota Tuban tersebut hingga membuat para penziarah harus saling berebut untuk memasuki sekitar makam. Bahkan sepanjang jalan menuju makam juga dipenuhi oleh para penziarah.
“Ini biasa, kalau sudah menjelang bulan puasa pasti ada peningkatan jumlah penziarah yang datang dari berbagai kota. Apalagi saat ini sudah banyak pondok pesantren yang libur, jadi banyak dari penziarah yang merupakan dari rombongan santri,”  Setiap saya perhatikan bahwa setiap menjalang datangnya bulan suci Ramadhan jumlah penziarah akan mengalami peningkatan hingga sampai datang bulan puasa nanti. Rata-rata setiap harinya lebih dari 60 rombongan bus yang berziarah ke makam Sunan Bonang,yang di parkir di lokasi terminal bus pariwisata kebonsari.“Kalau rata setiap harinya ya sekitar 50 sampai 80 bus setiap harinya, tapi kalau sudah masuk bulan puasa ya sepi lagi, sudah tidak ada rombongan bus.” 
Sementara itu, akibat membeludaknya pengunjung makam Sunan Bonang  membuat petugas kepolisian dari Sat Lantas Polres Tuban harus turun jalan. Pasalnya dari ribuan penziarah yang datang bersamaan tersebut yang akan menuju makam Sunan Bonang dengan berjalan kaki, sehingga membaut kendaraan lain sulit untuk melintas.
“Memang penziarah sangat ramai sekali, Sehingga kita mengatur arus lalu lintas dan yang berada di jalan AKBP Suroko dan jalan KH Musta’in yang dilalui oleh para penziarah supaya tidak sampai terjadi kemacetan,” ujar bapak polisi yg bertugas di Sat Lantas Polres Tuban.

About ""

Melangkahlah Penuh Semangat dan Rendah Hati. Karena Sesungguhnya Hidup Untuk Memecahkan Masalah.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 CAK YITNO
Design by FBTemplates | BTT