BREAKING

Friday, February 2, 2018

Peneliti: Remaja yang Gemar Main Gadget


  Sebuah penelitian yang baru-baru ini dirilis menyebut, teknologi dapat memengaruhi kesehatan mental, terutama bagi remaja. Hasil penelitian tersebut juga menemukan, remaja yang menghabiskan banyak waktu pada gadget atau gawai mereka cenderung tidak bahagia.
Dikutip dari laman AsiaOne, Kamis (25/1/2018), penelitian ini dilakukan oleh tim riset dari San Diego State University dan University of Georgia.
Tim riset mengumpulkan data terhadap survei yang dilakukan kepada 1,1 juta siswa SMA di Amerika Serikat yang gemar menghabiskan waktu dengan perangkat digital mereka.
Rata-rata, mereka yang menghabiskan waktu lebih banyak dengan gadget, seperti mengirim SMS, bermain gim atau sosial media, dikatakan kurang bahagia.
Ini dibandingkan dengan mereka yang mengambil bagian dalam kegiatan non-gadget seperti olahraga, membaca koran, dan interaksi sosial tatap muka.
Salah seorang tim riset, Jean M Twenge mengomentari temuan tersebut dan mengatakan bahwa aktivitas dengan gawai membuat orang tidak bahagia.
"Meskipun penelitian ini tidak dapat menunjukkan sebab-akibat, beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa penggunaan media sosial lebih banyak mengarah pada ketidakbahagiaan," ujar Twenge.
Studi tersebut juga menemukan adanya penurunan kepuasan dan kebahagiaan remaja. Hal ini dianggap buruk karena pada 2012, persentase remaja AS yang menggunakan gawai meninggal jadi 50 persen.
"Sejauh ini, perubahan terbesar dalam kehidupan remaja antara tahun 2012 dan 2016 adalah peningkatan jumlah waktu yang mereka habiskan untuk media digital," jelas Twenge.
"Kemunculan gadget adalah penjelasan yang paling masuk akal untuk penurunan psikologis pada remaja," kata dia.



About ""

Melangkahlah Penuh Semangat dan Rendah Hati. Karena Sesungguhnya Hidup Untuk Memecahkan Masalah.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 CAK YITNO
Design by FBTemplates | BTT