BREAKING

Friday, January 3, 2014

KEBIASAAN REMAJA YANG SUKSES




Bagi remaja , hidup lebih dari sekedar arena bermain . Dan , menjadi orangtua dari seorang remaja bukan hal yang mudah dan sederhana untuk menghantarkan mereka menapaki tangga kesuksesan. Dalam bukunya ,  "7 Kebiasaan Remaja yang Sangat Efektif ", penulis Sean Covey mencoba untuk memberikan  panduan untuk membantu remaja dan orang tua agar mereka melewati  beragam masalah yang mereka hadapi sehari-hari .

Bagaimana mereka akan berhadapan dengan tekanan teman sebaya ? Motivasi ? Sukses atau kegagalan ? Kehidupan remaja penuh dengan lika-liku yang sulit dan harus mengambil keputusan-keputusan penting  yang mengubah hidup . Sebagai orang tua , Anda bertanggung jawab untuk membantu mereka mempelajari prinsip-prinsip dan etika yang akan membantu mereka untuk mencapai tujuan mereka dan menjalani kehidupan yang sukses .

Sementara,  orang tua juga berkewajiban mengarahkan para remaja tentang  baik dan buruknya sesuatu,  untuk memberitahu anak-anak bagaimana menjalani kehidupan mereka , " remaja menonton apa yang Anda lakukan lebih dari  sekedar mendengarkan apa yang Anda katakan , " kata Covey . Sebagai orang tua mesti memberikan teladan yang baik, tak hanya sekedar ucapan belaka. Anak-anak perlu contoh yang baik dari orang tua mereka.

Berikut adalah tujuh kebiasaan , dan beberapa panduan untuk membantu anak remaja Anda memahami dan menerapkannya :

Jadilah Proaktif

Menjadi proaktif adalah kunci untuk membuka kebiasaan lain . Membantu Anda mengambil kendali dan tanggung jawab untuk hidupnya remaja . Pribadi proaktif memahami bahwa mereka bertanggung jawab atas kebahagiaan atau  ketidakbahagiaan mereka sendiri . Mereka tidak mudah menyalahkan orang lain atas tindakan atau perasaan mereka sendiri .

Tetapkan tujuan berdasarkan pemikiran mendalam
 
 Jika remaja tidak memilki arah yang jelas tentang arah kehidupannya, tentang nilai-nilai mereka , tujuan , dan apa yang mereka perjuangkan , mereka akan mengembara , membuang-buang waktu , dan diombang-ambingkan ke sana kemari oleh pendapat orang lain . Bantulah anak remaja Anda memiliki tujuan dan arah pribadi yang jelas untuk memandu mereka menuju kesuksesan.
 
Adanya skala prioritas
 
Kebiasaan ini membantu remaja memprioritaskan dan mengelola waktu mereka sehingga mereka fokus dan menyelesaikan hal yang paling penting dalam hidup mereka . Ketika remaja memiliki kemampuan membuat skala prioritas artinya mereka juga belajar untuk mengatasi ketakutan dan menjadikannya memiliki kekuatan untuk ketika melewati masa-masa sulit .

Berpikir seimbang

Remaja dapat belajar untuk mendorong keyakinan bahwa adalah mungkin untuk menciptakan suasana saling menguntungkan dalam setiap hubungan . Kebiasaan ini mendorong gagasan bahwa dalam setiap diskusi atau situasi tertentu kedua belah pihak dapat mencapai solusi yang saling menguntungkan . Remaja akan belajar untuk merasa bahagia atas prestasi orang lain bukannya merasa terancam oleh mereka .

Berusaha Memahami Dahulu , Kemudian Berusaha Dipahami

Karena kebanyakan orang tidak mendengarkan dengan baik , salah satu frustrasi besar dalam hidup adalah bahwa banyak yang tidak merasa dimengerti . Kebiasaan ini akan memastikan remaja Anda belajar keterampilan komunikasi yang paling penting yaitu : mendengarkan secara aktif .

bersinergi

Sinergi dicapai ketika dua orang atau lebih bekerja sama untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik daripada sekedar bisa . Melalui kebiasaan ini , remaja tidak hanya belajar menurut “caranya”  melainkan dengan cara yang lebih baik dan lebih tinggi . Synergy memungkinkan remaja untuk menghargai perbedaan dan lebih menghargai orang lain .

Mengasah ketajaman pandangan

Remaja tidak boleh terlalu sibuk hidup untuk mengambil waktu untuk memperbarui diri . Ketika remaja " mempertajam pandangan " dia menjaga diri pribadinya senantiasa tajam sehingga ia lebih bisa menghadapi hidup . Ini berarti secara teratur memperbarui dan memperkuat empat dimensi kunci kehidupan - tubuh , otak , hati, dan jiwa

About ""

Melangkahlah Penuh Semangat dan Rendah Hati. Karena Sesungguhnya Hidup Untuk Memecahkan Masalah.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 CAK YITNO
Design by FBTemplates | BTT