BREAKING

Saturday, July 13, 2013

10 BAHASA TUBUH YANG MENUNJANG PUBLIC SPEAKING

Seiring dengan kesuksesan anda sebagai Enterpreneur, anda akan semakin sering berbicara di depan publik. Maka penting sekali untuk sejak dini melatih gesture dan body language anda saat menyampaikan sebuah presentasi. Body language yang tepat akan mendukung penyampaian informasi kita sekaligus meninggalkan impact pada audiens. Maka hari ini, mari kita mencatat sejumlah gesture yang harus dilatih. Apa saja?
1. Buka lengan anda.
Untuk meningkatkan kepercayaan diri selama melakukan presentasi, anda dapat membuka dada dan lengan anda sambil berdiri dengan postur yang tegak. Selain membangun kesan welcome, posisi ini akan membuat anda untuk bernafas lebih baik dan sedikit demi sedikit anda akan merasa lebih rileks.
2. Senyum.
Senyuman membuat audiens merasa nyaman. Tidak bisa dipungkiri bahwa senyum adalah senjata utama untuk mendapatkan hati seseorang, siapapun.
3. Pandang mata audience anda.
Karena anda sedang menyampaikan informasi, maka sebarkan pandangan anda ke audiens agar informasi anda sampai ke tujuan. Beberapa waktu yang lalu seorang praktisi Jiujitsu memberi saran yang sangat bagus tentang berkomunikasi, terutama berdebat. Salah satu tips untuk mempengaruhi audiens adalah memandang titik di antara kedua mata lawan ketika kita sedang menyampaikan informasi. Sedangkan saat lawan kita berargumen, alihkan pandangan ke gerakan bibir mereka. Coba praktekkan, kemudian tebak kenapa harus demikian?
4. Tetap tenang, mulai dengan gesture yang kecil.
Dengan cara ini, audience akan melihat anda sebagai orang yang percaya diri dan perlahan akan mulai percaya kepada informasi yang anda sampaikan.
5. Jalan.
Untuk membawa presentasi ke bagian yang lebih lanjut, gunakan space ruang yang tersedia dengan berjalan (kecuali jika anda berdiri di podium 1×1). Contohnya, anda memiliki 4 poin utama untuk presentasi. Saat anda selesai dengan poin pertama, gunakan langkah kecil saat anda mulai berbicara poin kedua. Langkah kecil anda akan mensinkronisasi presentasi anda secara signifikan. Lagipula, kebanyakan orang cenderung untuk berpartisipasi bila mereka merasa dekat.
6. Gunakan gesture yang bervariasi.
Untuk menjaga perhatian audience, kadang kita perlu menggunakan gesture yang bervariasi. Misalnya gerakan besar untuk poin-poin klimaks. Maka, latih gesture dari kepala, tangan dan jari anda.
7. Hanya gunakan gesture yg menunjukkan keterbukaan.
Misalnya selalu membuka tangan dan hindari memasukkan tangan kedalam saku atau menyilangkan tangan di dada.
8. Jawab bertanyaan dengan sedikit “pause”
Pada saat ada pertanyaan, cobalah untuk tidak langsung menjawab pertanyaan tersebut. Sedikit “pause” akan memberikan bumbu drama dan membangun interest audiens anda. Baru kemudian jawab dengan menatap langsung ke mata audiens.
9. Mengangguk & mengangkat jempol
untuk membuat audience yakin dengan informasi anda, terkadang perlu menggunakan gesture yang positif seperti mengangguk dan mengangkat jempol (y).
10. Tunjuk diri sendiri ketika mengucap kalimat positif.
Tahukah anda bahwa anda dapat membangun kesan selama presentasi? Caranya, gunakan gesture yang menunjuk diri sendiri secara halus ketika anda menyebut kalimat positif seperti hebat, luar biasa, dan sukses. Sedangkan ketika mengutarakan kalimat negatif, lemparkan tangan anda menunjuk keluar

About ""

Melangkahlah Penuh Semangat dan Rendah Hati. Karena Sesungguhnya Hidup Untuk Memecahkan Masalah.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 CAK YITNO
Design by FBTemplates | BTT