BREAKING

Thursday, February 14, 2013

Pengalaman masa kecil,akan berpengaruh di saat dewasa


Ada banyak jenis ketakutan yang muncul saat seseorang akan melakukan pesentasi atau berbicara didepan banyak orang. Pada umumnya ketakutan ini diakibatkan oleh pengalaman yang buruk dimasa lalu.Pengalaman itu sangat berkesan bagi orang tersebut sehingga terbawa hingga kehidupannya masa kini.Biasanya pengalaman – pengalaman buruk tersebut menjadi salah satu penghambat seseorang untuk menyelesaikan tugasnya dengan baik, dan salah satunya dalam hal berbicara didepan banyak orang.
Sebelum membahas lebih jauh mengenai beberapa ketakutan yang biasanya timbul, perlu juga diketahui faktor yang menyebabkan timbulnya ketakutan ini. Karena ketakutan itu didapat dari pengalaman buruk masa lalu, seperti yang disebutkan di atas, maka yang perlu kita ketahui adalah dari mana sajakah pengalaman yang dimaksud tersebut? Siapa sajakah yang peling berpengaruh menyebabkan hal ini?
Faktor yang pertama paling kuat pengaruhnya adalah orang tua. Semenjak dari kecil setiap perkataan yang kurang tepat dan perlakuan yang kasar akan menyebabkan seorang anak memiliki pengalaman buruk. Pernyataan yang membatasi, menghina, mengkerdilkan, menyepelekan, membanding-bandingkan akan menjadi "rem" yang menghambat kemajuan anak setelah dewasa. Citra diri yang kurang baik, akan membuat seseorang tanpa sadar merasa tidak layak dan dipenuhi ketakutan untuk sekedar berbicara didepan orang lain. Hal ini muncul dalam perilaku gerak gerik, bahkan hingga respon tubuh kita seperti keringat berlebihan hingga gemetaran. Jika ingin maju kita harus bijak menyikapi hal ini, dengan tidak mempersalahkan masa lalu atau orang tua kita, karena mereka telah berjasa dan begitu mencintai kita walau terkadang caranya tidak selalu tepat.
Mengambil keputusan untuk mau maju dan berubah adalah hal terbaik yang dapat dilakukan, tentunya harus diawali dengan hati yang terbuka, memaafkan, dan mengasihi orang tua kita.Benar sekali !Anda harus berani mengambil keputusan dan melepaskan beban tersebut dengan sikap menerima dan memaafkan. Maknailah kembali hidup anda Dimasa lalu, bahwa apa yang terjadi adalah karena orang tua anda tidak tahu caranya. Ingat dan kenanglah hal-hal positif yang dilakukan orang tua, karena akan membuat hidup anda semakin bermakna. Pribadi yang tidak lagi dihantui pengalaman masa lalu akan tampil dengan lebih percaya diri dan terbuka, disinilah karisma yang sesungguhnya akan mulai muncul. Pastikan juga untuk berlatih dengan metode yang benar.
Faktor kedua yang juga berpengaruh adalah dari saudara kandung atau orang yang serumah selain orang tua. Faktor ketiga adalah orang-orang diluar rumah, mulai dari sanak saudara, teman, guru, pemuka agama dan lingkungan sekitar. Faktor-faktor kedua dan ketiga biasanya jauh lebih mudah dibereskan ketika kita sudah mengatasi faktor yang pertama.
Saran saya ikutilah pelatihan presentation skill yang menyertakan aspek-aspek diatas, agar anda dibimbing dengan langkah-langkah yang benar. Mempelajari banyak teknik tanpa menghilangkan hambatan yang dimiliki adalah pembelajaran yang tidak maksimal.
Sukses untuk Anda!

About ""

Melangkahlah Penuh Semangat dan Rendah Hati. Karena Sesungguhnya Hidup Untuk Memecahkan Masalah.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 CAK YITNO
Design by FBTemplates | BTT