BREAKING

Monday, May 20, 2013

HARI KEBANGKITAN NASIONAL

ilustrasi

HARI ini Senin 20 Mei 2013 bangsa Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tanggal 20 Mei 2013. Pertanyaannya adalah siapa yang bangkit dan harus dibangkitkan secara nasional di abad sekarang ini. Untuk apa harus bangkit, dan apakah kita mau bangkit. Inilah sederet pertanyaan acak yang sengaja dilemparkan dalam memperingati Harkitnas pada tanggal 20 Mei 2013.
Yang harus bangkit dan senantiasa harus selalu dibangkitkan, adalah kita semua sebagai bangsa. Mereka adalah orang dewasa yang memiliki jabatan strategis di negeri ini di bidang apa pun.Yang lain adalah para generasi muda tunas bangsa yang memiliki passion dan cita-cita luhur untuk menjadi orang Indonesia seutuhnya yang telah bosan dan muak melihat karut marut negeri ini, sehingga mereka merasa terpanggil untuk berbuat sesuatu di bidang-bidang yang mereka anggap dapat menyelamatkan negeri ini dari kerusakan dan kebangkrutan.
Generasi di bawahnya adalah anak-anak yang sekarang mengenyam pendidikan dasar dan menengah.Mereka itu adalah aset bangsa yang sedang diajar dan dididik agar menjadi pribadi unggul, berkarakter dan menguasai ilmu pengetahuan yang mumpuni karena era mereka ini adalah generasi yang hidup di zaman kemajuan sains dan teknologi yang hidup di zaman perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat. Mereka ini harus bisa menyesuaikan diri dengan dinamika yang berkembang setiap saat.
Ketiga kelompok generasi ini tanpa kecuali sebagai aset bangsa, harus bangkit dan harus dibangkitkan semangat dan etos kerjanya untuk memberikan warna baru,kehidupan baru membangun peradaban Indonesia di tengah-tengah pergolakan dunia dengan cara menemukan jati diri baru sebagai bangsa yang beradab. Nilai keadaban ini penting ditekankan agar bangsa ini menjadi beruntung karena mampu menggerakkan dan memobilisasi seluruh kekuatan sumber daya nasionalnya menjadi sebuah kekuatan inti untuk melakukan perubahan,dan setiap perubahan di bidang apa pun, dan harus bermanfaat bagi bangsa Indonesia secara keseluruhan yang tersebar dari NAD sampai Papua.
Inilah mengapa kita secara keseluruhan sebagai bangsa harus bangkit. Dan membangkitkan Indonesia pada dewasa ini memerlukan energi yang tidak sedikit, karena bangsa ini nyaris kehabisan energi untuk terus bertengkar tiada habis. Apa yang dipertengkarkan telah melahirkan rusaknya tatanan dan kohesi sosial di masyarakat yang mestinya tatanan dan kohesi sosial tsb dapat menjadi modal sosial yang baik untuk menggerakkan cipta dan karya bangsa Indonesia.
Oleh sebab itu, dalam kehidupan bangsa Indonesia di zaman sekarang dan di abad mendatang, hanya ada satu pilihan,yakni bangsa Indonesia harus bangkit dan kita semua harus mau bangkit. Kalau tidak, maka bangsa Indonesia yang akan merugi. Kita bisa disebut sebagai bangsa dan negara gagal, karena tidak memilki daya dan kekuatan membangun peradabannya.
Warna kebangkitannya itu antara lain semangat untuk mencegah dan menghancurkan kezaliman di negeri ini yang bisa disebut bersifat laten.Yang lain adalah bahwa sebagai bangsa harus dapat memastikan akan dipimpin oleh sosok pemimpin yang bisa menjadi penggerak kebangkitan Indonesia di berbagai bidang. Siapa pun mereka, syaratnya hanya satu,yakni bisa menjadi mesin penggerak utama kebangkitan Indonesia,seperti Deng Xiaoping di China, seperti Alex Fergusion, sang manajer berkharisme di Manchester United dll.
Di ASEAN, Indonesia harus bangkit sebagai number one. Di Asia harus bisa mengejar ketertinggalannya dari China, India, Jepang dan Korsel. Oleh karena itu, Indonesia harus dipimpin oleh orang kuat, punya kharisma dan berkarakter kuat, sehingga dia berhasil menjadi CEO bangsa dan negara yang andal. Indonesia tidak bisa lagi dipimpin oleh orang-orang yang tidak punya energi untuk melakukan perubahan. Indonesia harus dipimpin oleh sosok yang luar biasa, berkemampuan untuk mengelola bangsa dan negara ini meraih cita-citanya yang luhur.
Idealnya, kita dapat menemukan sosok pemimpin yang terkombinasi antara sumber-sumber kekuatan yang ada pada Bung Karno-Bung Hatta.Soeharto. BJ habibie,Megawati, SBY dan Jusuf Kalla. Percayalah, mereka itu adalah pasti memiliki kelebihan dan kekurangan.Dan mari kita cari kelebihan mereka itu untuk kemudian dipadukan menjadi salah satu kekuatan kepemimpinan nasional yang ideal. Ketika terpilih, maka tugas utama yang harus dikerjakan adalah mengorganisir dan mengkonsolidasikan seluruh sumber kekuatan untuk kebangkitan Indonesia di seluruh Tanah Air.Melakukan pembenahan seluruh infrastruktur bangsa dan Negara, baik yang bersifat fisik dan non fisik.
Yang sudah dianggap baik dipertahankan,dan yang belum baik diperbaiki dan disempurnakan. Menjalankan keputusan-keputusan penting yang bersifat strategis di tingkat bangsa dan negara untuk mengakselerasi jalannya proses perubahan yang akan dilakukan. Melakukan kerja sama internasional yang efektif dengan tetap menempatkan kepentingan nasional di atas segala-galanya yang nilai manfaatnya harus berguna bagi peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran bangsa Indonesia.
Inilah makna kebangkitan nasional berdasarkan opini Tunas Bangsa. Indonesia memang harus bangkit dan tidak ada pilihan lain,yakni harus bangkit. Kalau tidak, berarti kita tidak ingin menjadi bangsa yang unggul di dunia.Sekarang, adalah waktunya untuk berkarya, bukan lagi waktunya untuk bertengkar, berselingkuh menggerogoti aset negara yang ujungnya adalah membangkrutkan, bukan membangkitan dan menyehatkan Indonesia sebagai bangsa dan negara. **

About ""

Melangkahlah Penuh Semangat dan Rendah Hati. Karena Sesungguhnya Hidup Untuk Memecahkan Masalah.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 CAK YITNO
Design by FBTemplates | BTT