BREAKING

Sunday, May 12, 2013

Bekerja Lebih Efisien Dengan Mengetahui Gaya Kerja Anda

Bagaimana cara seseorang bekerja pada dasarnya dapat dibagi menjadi 4 jenis atau gaya kerja, dan biasanya grup atau tim kerja yang baik memiliki keseimbangan akan 4 gaya kerja ini. Perusahaan-perusahaan besar memiliki banyak tim seperti itu dan mereka percaya diri akan gaya kerjanya. Jadi, apa gaya kerja Anda?
Selama bertahun-tahun pengalaman kerjanya, Shelley Prevost, co-founder dari Lamp Post Group, (sebuah perusahaan yang mengatur bagaimana seharusnya perusahaan start-up lainnya berjalan) melakukan banyak sekali uji kepribadian. Melalui uji kepribadian tersebut, ia menemukan bahwa cara atau gaya kerja setiap orang dapat dibagi menjadi 4 kategori, yakni Doer, Leader, Lover, dan Learner.
1. DOER - SI PEKERJA
doer si pekerja
Doer (si pekerja) suka melaksanakan atau menyelesaikan pekerjaan. Mereka merasa senang pada saat suatu pekerjaan telah diselesaikan, daftar telah dicek atau proyek telah dilewati. Sederhananya, mereka selalu fokus dan mendetail dalam upaya mereka, dan tidak terlalu senang dengan pekerjaan yang membutuhkan perencanaan terlalu matang terlebih dahulu.
Si pekerja biasanya terlalu fokus dan terkadang lupa untuk mengkomunikasikan apa yang mereka lakukan. Mereka suka dengan moto "Shoot, Fire, Aim" dimana pekerjaan dilakukan terlebih dahulu tanpa perencanaan yang sangat matang dan biasanya melupakan pentingnya nilai dari perencanaan itu sendiri.
2. LEADER - SI PEMIMPIN
leader
Seorang leader biasanya selalu berusaha untuk menciptakan sebuah visi dan memberikan inspirasi ke orang lain agar orang itu percaya akan visinya. Seorang leader atau pemimpin yang berkarisma akan membuat orang-orang untuk mendengarkan dan mengikuti dirinya. Tanpa adanya seorang pemimpin, sebuah tim hanya seperti berputar-putar di lingkaran tanpa tujuan.
Terkadang, seorang pemimpin atau leader dapat melupakan orang lain. Hal ini disebabkan ia selalu berada di depan dan lupa untuk melihat kembali orang-orang yang berada di belakang yang mengikutinya.
3. LOVER - SI PEMBANGUN RELASI
lover si pembangun relasi
Jika Anda suka berelasi atau bersosialisasi dengan rekan kerja atau orang-orang sekitar Anda, maka kemungkinan besar Anda adalah seorang lover. Si lover percaya bahwa dengan berdiri bersama orang lain, maka ia dapat lebih kuat. Ia selalu berusaha membangun harmoni dan mengatur relasi yang baik untuk mencapai sebuah konsensus. Jika Anda ingin tahu bagaimana perasaan rekan kerja Anda sebenarnya, tanyalah si Lover atau si pembangun relasi ini.
Kekurangan lover adalah mereka terkadang cukup buruk dalam hal mengikuti sebuah pekerjaan yang terlalu mendetail dan kurang mengamati sebuah pekerjaan. Walaupun ia dapat bersosialisasi dengan baik dan membuat orang-orang termotivasi, dalam pekerjaannya terkadang ia "kurang".
4. LEARNER - SI PELAJAR
learner
Learner dapat diibaratkan sebagai seorang peneliti, pelajar atau guru. Orang dengan gaya ini suka sekali mempelajari dan mengerjakan hal-hal yang baru, jika ada masalah ia berusaha mengerti akan masalah tersebut. Mereka disiplin, santai dan suka berpikir secara strategis.
Tapi, tanpa adanya koordinasi atau bekerja sama dengan orang lain, Learner tidak akan berkembang banyak. Mereka membutuhkan sebuah tim untuk melakukan strategi yang telah direncanakannya untuk menyelesaikan suatu masalah.
--
Jadi, apa gaya kerja Anda dan rekan kerja Anda? Dengan mengetahui hal tersebut, Anda dapat memberikan tugas-tugas yang sesuai untuk rekan kerja Anda dan diri Anda sendiri, sehingga potensial kerja dapat lebih di-optimalkan.
Ingatlah kata-kata Albert Einstein, "Setiap orang itu Jenius. Tetapi jika Anda menilai seekor ikan dari kemampuannya memanjat pohon, ia akan percaya seumur hidupnya bahwa ia itu bodoh."

About ""

Melangkahlah Penuh Semangat dan Rendah Hati. Karena Sesungguhnya Hidup Untuk Memecahkan Masalah.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 CAK YITNO
Design by FBTemplates | BTT