BREAKING

Thursday, May 16, 2013

RAHASIA HIDUP BAHAGIA


Kategorikan unsur kebahagiaan, capai satu demi satu
Martin Seligman membagi unsur kebahagiaan menjadi lima.
Emosi positif, keterlibatan, hubungan, arti, dan pencapaian adalah kelima unsur kebahagiaan yang harus diraih setiap orang.
"The pleasant life: a life that successfully pursues the positive emotions about the present, past, and future.
The good life: using your signature strengths to obtain abundant gratification in the main realms of your life.
The meaningful life: using your signature strengths and virtues in the service of something much larger than you are."
-Martin Seligman-
Untuk menghitung tingkat kebahagiaan, seorang psikolog memiliki spesialisasi mengukur parameter apa saja yang ada di balik sebuah senyuman. Direktur Pusat Psikologi Positif Universitas Pennsylvania Professor Martin Seligman, membagi kebahagiaan menjadi lima unsur pokok: emosi positif, keterlibatan, hubungan, arti, dan pencapaian. Sekarang kita akan melihat bagaimana Anda bisa mendapatkan kelima-limanya.

Mampu mengontrol emosi positif Anda

Apa yang kita rasakan: kesenangan, kegembiraan yang luar biasa, kehangatan, dan rasa nyaman.
Inilah cara yang digunakan Professor Seligman untuk menggambarkan energi positif dalam buku yang ditulisnya berjudul Authentic Happiness. Tapi kegembiraan sepanjang hari juga tidak akan baik. Psikolog yang juga mengajar di Universitas North Carolina ini menghitung rasio optimal dari perkataan positif terhadap perkataan negatif adalah 3:1. Lebih dari itu akan membuat Anda kehilangan kredibilitas dan menjadi tidak produktif.
Anda harus lebih banyak merencanakannya jika ingin mendapat lebih banyak waktu positif dan baik. Walaupun itu hanya rencana makan malam atau rencana liburan, riset menunjukkan bahwa Anda akan mendapat lebih banyak dorongan mental jika sudah merencanakan sesuatu sebelumnya. Dan saat hal baik itu akhirnya terjadi, jangan lupa sebarkan kepada teman-teman Anda.
Profesor Martin Seligman, pengarang buku Authentic Happiness.

Libatkan perasaan Anda

Ikutilah flow natural Anda: waktu seakan berhenti dan kesadaran Anda hilang saat melakukan aktivitas yang Anda cintai.
Cara termudah untuk mencapai ‘flow natural’ seperti ini adalah dengan mencari tahu bidang apa yang Anda kuasai, lalu transfer skill Anda itu menjadi sesuatu yang baru. Jika Anda adalah seorang task master di kantor, Anda juga bisa menjadi orang yang mengatur pesta karyawan. Jika Anda adalah seseorang yang simpatik, Anda juga bisa berperan sebagai mentor.
Anda juga bisa menambah keterlibatan diri sendiri dalam tugas yang sudah biasa Anda lakukan dengan menambah sebuah tantangan. Mungkin saat Anda sedang berbelanja bulanan di supermarket, cobalah catat waktu yang Anda perlukan untuk mendapat semua yang ada dalam daftar Anda, bulan depan, kalahkan rekor waktu Anda tanpa melewatkan satu barang pun.

Tingkatkan hubungan Anda dengan orang lain

Orang lain adalah obat terbaik saat Anda mengalami kejatuhan.
Dengan mengasah cara komunikasi, Anda bisa dengan cepat mengubah suatu hubungan menjadi lebih baik atau membuat hubungan yang baru. Natasha Foreisthe, seorang psikolog di Universitas California mengidentifikasikan empat cara respon yang dipakai semua orang saat bereaksi terhadap berita baik dari teman atau keluarga. Saat seseorang senang tentang sesuatu, tanyakan mereka mengenai hal itu. Apa yang membuat mereka senang, kapan hal itu terjadi, siapa yang bersama dia saat itu, apa yang akan mereka lakukan selanjutnya? Antusiasme seperti ini tidak hanya akan membuat orang lain merasa senang, tapi riset membuktikan hal ini akan membantu perkembangan hubungan Anda dengan orang yang bersangkutan.

Carilah arti kehidupan Anda

Manusia tentunya ingin mendapat tujuan dalam hidup. Termasuk di dalamnya melayani sesuatu yang Anda percaya lebih besar dari diri Anda sendiri.
Kita sudah memiliki semua institusi yang dibutuhkan untuk mencapai hal ini: keluarga, agama, partai politik, dan organisasi lain. Tapi yang paling membutuhkan usaha yang besar adalah pekerjaan kita. Hanya sedikit orang yang mendeskripsikan pekerjaan mereka sebagai panggilan, tapi mereka mengklaim bahwa mereka memiliki lebih banyak arti dalam kehidupan dibandingkan yang lain.
Untuk membentuk kembali kepuasan Anda terhadap pekerjaan, Profesor Seligman mengatakan bahwa Anda harus menanyakan empat pertanyaan berikut pada diri Anda sendiri:
Pertanyaan #1: Gambarkan secara kasar versi ideal dari job description Anda sekarang. Posisi baru apa yang Anda inginkan?
Pertanyaan #2: Sejauh apa perbedaan kondisi ideal itu dengan kondisi real pekerjaan Anda?
Pertanyaan #3: Apa yang akan Anda dapatkan jika membuat perubahan itu?
Pertanyaan #4: Apa yang akan membantu Anda mencapai hal tersebut?
Karier, prestasi, dan kebahagiaan. Berjalan selaras atau bertolak belakang?

Jadilah orang yang mengejar prestasi

Prestasi biasanya dikejar untuk pencapaian, bahkan saat prestasi tersebut tidak membawa perasaan positif sedikitpun.
Tapi, hal itu bukanlah sesuatu yang buruk. Menyelesaikan sesuatu akan membawa kepuasan, bisa jadi itu mempelajari bahasa baru atau mencuci mobil. Buatlah sebuah tabel untuk mencatat semua prestasi yang pernah Anda capai, baik kecil maupun besar. Sekarang pilihlah salah satu yang Anda capai bertahun-tahun lalu, apa yang Anda lakukan saat itu? Apakah Anda sudah berubah sejak saat itu? Dan di kolom terakhir, isilah dengan apa yang ingin Anda capai dalam 10 tahun ke depan. Melihat tujuan Anda di samping kejayaan masa lalu akan menambah rasa percaya diri Anda

About ""

Melangkahlah Penuh Semangat dan Rendah Hati. Karena Sesungguhnya Hidup Untuk Memecahkan Masalah.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 CAK YITNO
Design by FBTemplates | BTT