BREAKING

Wednesday, January 9, 2013

CARA MENJAUKAN LALAT DI MUSIM HUJAN

                            
Musim penghujan sudah tiba, peralihan cuaca disebut juga musim pancaroba musim kemarau kemusim hujan menjadi berkah buat kita. Akan tetapi dengan hujan yang terus mengguyur setiap hari dari pagi sampai malam hari membuat cemas, karena dengan mulai datangnya musim hujan ini menyebbakan beberapa wilayah diindonesia menjadi banjir dan  terjadi longsor. Selain itu musim hujan menyebabkan menyebarnya penyakit seperti DBD, diare dan lai-lain.


Salah satu faktor penyebab penyebaran penyakit dimusim hujan ini adalah populasi serangga yang meningkat. Dari sekian banyak serangga, lalat merupakan salah satu serangga yang mengganggu dan sebagai salah satu serangga penyebar penyakit. Lalat adalah media berbagai kuman penyakit dikarenakan memakan lalat seperti bangkai, kotoran manusia dan hewan, sampah dan sebagainya.

Perkembangbiakan lalat sangat cepat apabila dibanding pada musim kemarau, hal ini dipicu oleh sampah yang membusuk serta bau yang tak sedap akibat tergenang air hujan.Sampah yang membusuk disekililing rumah kita menjadi pemicu banyak lalat hinggap dirumah kita.
Lalat hinggap di makanan, di dapur atau meja makan. Melihat lalat berterbangan di dapur atau ruang makan, jelas bukan pemandangan yang menyenangkan.
lalat Rumah (Musca domestica) berukuran sedang, panjangnya 6-7,5 mm, berwarna hitam keabu-abuan dengan empat garis memanjang pada bagian punggung. Mata lalat betina mempunyai celah lebih lebar dibandingkan lalat jantan. Antenanya terdiri atas 3 ruas, ruas terakhir paling besar, berbentuk silinder dan memiliki bulu pada bagian atas dan bawah Bagian mulut atau probosis lalat seperti paruh yang menjulur digunakan untuk menusuk dan menghisap makanan berupa cairan atau sedikit lembek. Bagian ujung probosis terdiri atas sepasang labella berbentuk oval yang dilengkapi dengan saluran halus disebut pseudotrakhea tempat cairan makanan diserap.
Sayapnya mempunyai empat garis (strep) yang melengkung ke arah kosta/rangka sayap mendekati garis ketiga. Garis (strep) pada sayap merupakan ciri pada lalat rumah dan merupakan pembeda dengan musca jenis lainnya. Pada ketiga pasang kaki lalat ini ujungnya mempunyai sepasang kuku dan sepasang bantalan disebut pulvilus yang berisi kelenjar rambut. Pulvilus tersebut memungkinkan lalat menempel atau mengambil kotoran pada permukaan halus kotoran ketika hinggap di sampah dan tempat kotor lainnya.
Lalat rumah berkembang biak dalam kotoran dari semua jenis dan seringkali sangat banyak. Pada daerah tropis, lalat rumah membutuhkan waktu 8- 10 hari pada suhu 300 C dalam satu siklus hidupnya, dari telur, larva, pupa dan dewasa (Sigit dan Hadi, 2006).
Apa ya ng harus dilakukan ketika lalat mulai menyerbu rumah kita? Tentu saja yang utama adalah menjaga kebersihan rumah dan sekeliling rumah.ketika malam hari tempat sampah yang berada di dapur segera pindahkan ke pekarangan rumah. Atau cari tempat sampah yang ada penutupnya. Jangan lupa, bersihkan setiap sisa makanan yang ada di meja makan dan juga tutup makanan yang ada. Apabila lalat tetap menyerbu rumah, anda bisa gunakan cara alami berikut untuk menjaukan lalat :
  • Cengkeh

Wangi cengkeh ternyata cukup efektif untuk mengusir lalat. Ada dua cara memanfaatkan wewangian rempah yang satu ini. Pertama, cara yang paling sederhana yaitu dengan cara merendam cengkeh secukupnya, pada semangkuk air. Kemudian letakkan rendaman cengkeh tadi pada tempat yang banyak dihinggapi lalat. Yang kedua adalah denga memadukan wangi cengkeh dengan apel. Caranya adalah ambil satu buah apel yang sudah matang. Kemudian siapkan 20-30 buah cengkeh yang sudah dipotong dua. Penuhi seluruh permukaan apel dengan cengkeh, dengan cara menusukkan bunga-bunga cengkeh ke permukaan kulit apel. Letakkan apel yang sudah terutup cengkeh ini di atas meja. Dalam sekejap semua lalat yang mengerubuti makanan akan menjauh karena bau wangi yang dikeluarkan dari buah cengkeh.

  • Daun Pandan
Wangi pandan, ternyata juga bisa dicoba untuk mengusir lalat. Caranya cukup mudah. Cukup siapkan beberapa helai daun pandan, kemudian iris kecil-kecil. Letakkan irisan daun pandan tadi pada sebuah wadah. Terakhir, tempatkan wadah irisan daun pandan tadi di tempat yang banyak dihinggapi lalat.

  • Lavender
Lavender merupakan salah satu tanaman, yang wanginya tidak disukai serangga. Anda bisa menempatkan beberapa tangkai bunga lavender di dalam rumah, untuk mengusir lalat. Selain mengusir lalat, bunga-bunga lavender ini juga akan mempercantik tampilan ruangan rumah anda.

About ""

Melangkahlah Penuh Semangat dan Rendah Hati. Karena Sesungguhnya Hidup Untuk Memecahkan Masalah.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 CAK YITNO
Design by FBTemplates | BTT