BREAKING

Tuesday, July 30, 2013

ZAKAT FITRAH AKAN MEMPERERAT PERSAUDARAAN

- Memasuki bulan suci Ramadhan, umat Islam berlomba untuk meningkatkan pahala. Menjaga kualitas puasa dengan mengerjakan semua kewajiban, dan lebih sering mengerjakan kebaikan tambahan seperti tadarus dan sholat malam.
Sebagai penutup amalan di bulan Ramadhan, ada zakat fitrah untuk pelengkap membersihkan diri. Sesuai dengan namanya, zakat fitrah bertujuan untuk mengembalikan seseorang yang mengerjakannya seperti baru terlahir kembali.
Dan zakat fitrah dilaksanakan oleh muslim laki-laki maupun perempuan, dari bayi hingga tua renta sekalipun semua diwajibkan membayar zakat fitrah. Namun bukan berarti si bayi harus mengeluarkan zakatnya sendiri. Orang tuanya atau kepala keluarga lainnya lah yang wajib mengeluarkan zakat fitrah untuk tanggungannya tersebut.
Banyak manfaat yang bisa didapat dari zakat fitrah, baik untuk si pemberi ataupun yang menerima. Anak kecil akan belajar toleransi dari zakat fitrah dirinya yang dibayarkan oleh orang tuanya.
Dari zakat fitrah kita juga bisa mengetahui, seberapa besar dan erat tali persaudaraan di lingkungan tempat tinggal. Terlebih bagi mereka yang hidup dilingkungan campuran antara orang kaya, mampu, sederhana, hingga miskin. Zakat fitrah akan menambah erat tali persaudaraan antar sesama muslim. Ketika yang kaya turun mendatangi rumah si miskin, mengantar zakat fitrah sambil tersenyum, keindahan Ramadhan menyambut Idul Fitri akan lebih terasa dan bermakna.
Lalu yang miskin menyerahkan fitrahnya kemana? ke panti asuhan mungkin, ke moshalla, dan lebih baik lagi serahkan zakat fitrah kepada teman senasib dan sepenanggungan. Ciptakan kebersamaan, pererat silaturrahmi dan persaudaraan, dan ketika mereka tersenyum setelah menerima zakat fitrah yang kita beri, apalagi sampai meneteskan airmata haru, disinilah kita akan merasakan FITRAH dengan makna yang sebenarnya.
Dan yang tidak kalah pentingnya, zakat fitrah juga bermanfaat agar kita sadar bahwa kita tidak hidup sendiri. Banyak orang disekitar yang mungkin perlu bantuan dari kita, dan banyak orang disekitar yang ternyata peduli dengan keberadaan kita. Bersyukur atas nikmat yang telah dirasa, sehingga tidak terasa berat saat haru berbagi dengan sesama

About ""

Melangkahlah Penuh Semangat dan Rendah Hati. Karena Sesungguhnya Hidup Untuk Memecahkan Masalah.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 CAK YITNO
Design by FBTemplates | BTT